Assalamualaikum wr wb,sudah lama sekali tidak berjumpa dengan ane pria tampan.
di sini ane akan mengeshare tentang pengertian OOP dan contohnya yang ada di kehidupan sehari -hari , gk usah basa - basi langsung aje bossQ langsung di baca dengan sebatang nikotin dan secangkir nikotin hehehehe :v
OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh laptop, laptop adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti processor,baterai,motherboard,hardisk, dll. Laptop sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.
Dalam pemograman berorientasi Objek dikenal Ada beberapa pengertian dasar yang harus kita ketahui yaitu:
1.Class, dimana class adalah merupakan penggambaran dari sebuah object atau benda,sifat objek, dan juga apa yang bisa dilakukan oleh objek tersebut.
Sebagai contoh adalah pengambaran yang real dalam kehidupan kita adalah tentang dunia handphone. Tentunya kita semua mengetahui bahwa sangatlah banyak jenis merk handphone yang ada seperti samsung,xiaomi,asus,lenovo,sony dan lain sebagainya.Kemudian marilah kita anggap berbagai handphone tersebut sebagai suatu class. Maka samsung tentunya mempunyai serial number (SN),tahun pembuatan,merk dll demikian juga dengan merk handphone yang lainnya, oleh karenanya hal ini bisa disebut sebagai properties. Selanjutnya handphone itu sendiri bisa berkomukasi,memainkan lagu,menonton video,dll yang mana kegiatan ini disebut method.
2.Object, adalah merupakan suatu bentuk dari class.
Kalau kita mengikuti analogi di atas, maka object dari class tanaman adalah pohon rambutan,bunga melati,pohon mangga,pohon kamboja,. Mereka adalah contoh dari class tumbuhan. Semua dari mereka adalah tumbuhan yang mempunyai nama, jenis tumbuhan dll. Dan bisa menghasilkan buah, berkembang biak dll.
3.Inheritance, yaitu salah satu bentuk teknis untuk membuat sebuah class lebih spesifik lagi.
Sebagai contoh dari kasus ini menurut analogi di atas. Misalkan kita akan membuat class yang lebih spesifik dari orang yaitu karyawan. Maka class ini mempunyai properti tambahan perusahaan tempat dia bekerja. Akan tetapi, semua properti sebagai orang ada juga pada class karwayan ini.
4.Encapsulation, yaitu mengemas suatu objek sehingga pada saat kita akan memakai objek tersebut kita tidak perlu lagi tahu tentang detail bagaimana suatu action itu terjadi.
Contoh dalam hal ini, misal karyawan (suatu object) sedang membaca (method). Maka detail dari tentang cara siswa itu membaca (bagaimana mulut itu bekerja untuk membaca, bagaimana sistem saraf pusat memerintahkan untuk membaca) kita tidak perlu mengerti. Kita hanya melihat si siswa sedang menbaca
5.Polymorphism, yaitu suatu object bisa bertindak lain terhadap message/method yang sama.
Misalkan kita punya satu class tumbuhan dan diturunkan menjadi dua class tumbuhan berbiji dan tumbuhan berbunga. Ketika tumbuhan berbiji melakukan method penyerbukan maka yang dilakukan adalah penyerbukan dengan bantuan angin .Dan ketika tumbuhan berbunga juga penyerbukan maka dia dengan bantuan serangga. Keduanya melakukan aksi yang sama yaitu penyerbukan akan tetapi perlakuannya lain..
Sekian pembahasan Cupu dari ane :p
maaf kalo ada salah2 kata, maupun kekurangan dalam pembahasan kali ini.
Terima kasih , wassalam
source by https://lehaqueenzy.wordpress.com/about/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar